Membuat Teks Transparan dengan Pattern

Diposting oleh Nafi Abdul Hakim on 14 Agustus 2012

Woh, sekarang tutorial lagi, kali ini saya akan membahas tentang Adobe Photoshop, kalau biasanya orang-orang membuat teksnya menjadi Transparan dengan metode Opacity (pengatur tingkat transparansi pada panel LAYER), kali ini saya akan membuat Teks ini transparan dengan menggunakan Pattern. Silahkan kakak :D

Catatan : Klik gambar untuk memperbesar :D

Ini dia langkah-langkahnya :

1. Buat file Photoshop baru, File - New

2. Selanjutnya, pilih menu File - Place (untuk memasukkan Gambar yang akan dijadikan BackGround Teks dari komputer kita)

3. Ini dia gambar yang saya pilih, sebuah dataran hijau :)

4. Kemudian, pilih menu Edit - Define Pattern , dan beri nama pattern sesuka kita, misal : Pattern gue

5. Barulah kita membuat teks, dengan TextTool, dan tulis teks yang kita inginkan

6. Selanjutnya, pilih layer teks tadi, Klik Kanan, kemudian pilih Blending Option

7. Setelah masuk ke kotak dialog Layer style, pilih Pattern Overlay

8. Setelah itu, pilih dropdown pada menu Pattern Overlay, dan cari Pattern yang telah kita simpan di awal tutorial ini :)

9. Letakkan kursor anda ke areal kerja (pada gambar), dan geser posisinya sampai gambar benar benar hilang dari areal kerja

10. Hasil geser geser tadi :D

11. Selanjutnya, jangan tutup dulu, namun pilih DropShadow pada menu di atas PatternOverlay, kemudian klik OK (*tambahkan effect lain sesuai kebutuhan)

12. Hasil akhirnya dengan sedikit tambahan :D


Semoga bermanfaat :D mari sharing bersama.. Sama-sama belajarnya ini hehehehehee

{ 15 comments... read them below or add one }

boland7capzlock mengatakan...

wah wah wah...
mantep aw...
aku save page dlu..
entar d'praktekiin klo dah sampe d'rumah

(lagi diwarkop) :D

Smari Saklitnov mengatakan...

waduh, saya kurang ngerti sotosop
ga bakat.

Rohis Facebook mengatakan...

sy angkat tangan klo potosop..! thx ilmux ya sob... *smile

Adib mengatakan...

Wooke..persis dengan cara yg biasa lakukan

M.Iqbal Arifhan mengatakan...

sip, izin buat langsung dipraktekin gan :)

Putrie Jrs mengatakan...

Photoshop Mas?
Netbukku gak ada begini e.
Adanya GIMP ^_^
Besok tutorial GIMP duonggs :D

HumorBendol mengatakan...

Mantab bro..
Eh..tutorialnya di PDF-kan aja
kli aja banyak yg butuh
hehe...

dherdian mengatakan...

Siiip Pak, tambahan ilmu he3x. Terima kasih :)

yuniarinukti mengatakan...

Hebat nih si Mbak bisa utak-atik photoshop, saya mah nyerah aja deh, males utak atiknya, lamaa.. :D

Nafi Abdul Hakim mengatakan...

@yuniarinukti : saya ini laki-laki mbak, hehehehehehe

light mengatakan...

apik
hahaha :)

BlogS of Hariyanto mengatakan...

tutorialnya mantap dan keren , serta mudah dipahami sobat :)

krupukcair mengatakan...

kalau baca tips kamu tentang photoshop gini ni, bikin saya kepingin cepet2 perbaiki laptop yang rusak gk karuan :D

applausr mengatakan...

keren nih tips photoshop.. saya paling lemah bagian ini... jadi foto aja bisanya heheheh

andriepu mengatakan...

pake masking lebih cepet lho

Posting Komentar

Kesan, Saran, dan Kritik Anda adalah bagian dari perubahan diri saya menjadi yang lebih baik. Terima kasih

Cara memberi komentar :
1. Pilih pada bagian "Beri Komentar Sebagai"
2. Pilih Anonymous -- untuk Anonim
3. Pilih "Name/URL" -- untuk memberi nama dan alamat web Anda

Terima Kasih @ininafi

Pengikut