Lampu dan Lilin

Diposkan oleh Nafi Abdul Hakim on 17 September 2012

Wah, maaf kawan saya hiatus terlalu lama, ada suatu event yang mau gak mau memaksa saya untuk full di kepanitiaan dan menduakan sejenak blog kesayangan saya ini. Posting kali ini terinspirasi dari perkataan atau lebih tepatnya nasihat dari seseorang kepada saya beberapa bulan yang lalu, yakni Lampu dan Lilin serta sifatnya yang sangat super sekali.
Fakta bahwa keduanya adalah sumber penerangan yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Lilin berusaha menerangi lingkungan dengan mengorbankan tubuhnya meleleh dan pada akhirnya hilang, sedangkan lampu pijar menerangi lingkungannya tanpa melakukan tindakan 'sebodoh' lilin. Kedua sifat ini memiliki makna yan sangat dalam ketika dihubungkan dengan salah satu sifat manusia sebagai manusia sosial. Dimana banyak orang yang berusaha untuk bermanfaat bagi orang lain namun sebagian dari mereka melakukan hal yang bermanfaat namun dengan cara yang salah.
Lilin
Bandingkan dengan :
Lampu Pijar
Cara yang salah? Lihatlah lilin, dia rela tubuhnya hancur untuk orang lain. Apabila diibaratkan dengan manusia, manusia 'lilin' ini rela berjuang mati-matian agar bermanfaat bagi orang lain, kalau orang Jawa bilang "terlalu Rekoso". Hal inilah yang terkadang membuat sifat 'bermanfaat' menjadi kurang baik ketika dipihak kita, menjadi sengsara sendiri.
Marilah kita lihat lampu, yang selalu berusaha menerangi lingkungan sekitar tanpa terlalu banyak menyakiti dirinya sendiri. Tetap berusaha untuk bermanfaat bagi orang lain namun tak terlalu menyiksa diri.
Sekarang tinggal bagaimana kita memilih, apakah kita tergolong sebagai manusia 'lilin' atau manusia 'lampu'.
Semoga bermanfaat :)

Sumber Gambar :
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/68/Candle_stump_on_holder.jpg
http://i.istockimg.com/file_thumbview_approve/180213/2/stock-photo-180213-bright-glowing-oil-lamp.jpg

{ 18 comments... read them below or add one }

Aldio Blog mengatakan...

ane kira babi ngepet hehhe

Gen Puisi mengatakan...

kedua-dua nya baik dari pada merugikan pihak lain :)

Mixer Blog mengatakan...

Aku sih pengen kayak lampu aja yg nolong orang tapi ga harus ngerugiin diri kita sendiri. kebanyakan orang seperti lilin klau udh masalah urusan cinta ckck. mending klau cintanya itu untuk Allah :D nice share sori aku bru bisa kunjungan balik skrng

vmediakom mengatakan...

susah milihnya, kadang ada suatu situasi dimana ada pihak yang akan rugi karena orang lain.
Sifat lampu ataupun lilin, keduanya baik.

berita fortuner mengatakan...

Bagaimana dengan korek api... Bermanfaat tapi berakibat negatif bila digunakan untuk menyalakan rokok. Hehe

Info bisnis online terpercaya mengatakan...

Jadi ingat kata rayuan tempo dula,aku rela hancur demi menerangi hatimu haha,lah anak sekarang bilang bodoh amet mau hancurin diri demo ello haha

KY mengatakan...

kalau lampu elektrik, bagus untuk kita semuakan?, cuma tiap2 bulan bayar bilnya aja hihih

lilin memang sanggup membakar disinya sendiri demi menerangi kita, tapi hati2 kadang2 ianya juga membakar kita

Limit Komputer mengatakan...

Haha, sya ua kira babi ngepet kwn,bercanda

Zizy Damanik mengatakan...

Lampu juga ada masa berlakunya sih.
Kalau lilin, bahayanya ya karena ada apinya jadi bisa kebakaran....

Underground404 mengatakan...

njaga lilin dimalem jumat kliwon wkwkwkwk
musrik kalau iyu gan hahaxD

Obat Sakit mengatakan...

enakan lampu kalau gitu

cerita anak kost mengatakan...

kalau aku, walau rekoso, tapi enak jadi lilin, mengorbankan diri untuk orang lain. dan orang akan mengenang kita sebagai orang yang baik. bandingkan dengan lampu, kalau tidak berguna justru di buang, artinya di campak kan selagi tidak bisa bermanfaat.

TKJ Blog mengatakan...

woww,
judul nya anehh,,
tp isi nya sangat menarikk,,

Rawins mengatakan...

aku jadi lampu neon aja deh
terang benderang ga pake rusak
tapi boros biaya ding
hehe

BlogS of Hariyanto mengatakan...

suatu pembelajaran yang luarbiasa dari lampu dan lilin :)

penuliscemen mengatakan...

ane mau kayak lampu neon, lebih terang :D

Miftahgeek mengatakan...

Selama membuat masyarakat disekitarnya lebih baik, semuanya baik menurut saya. Tapi akan lebih baik kalo kita juga memperhatikan diri kita sendiri, sehingga bisa berbuat baik lebih lama, kayak lampu pijar :)

boland7capzlock mengatakan...

aku nyimak aja ya kak.. heheh

Poskan Komentar

Kesan, Saran, dan Kritik Anda adalah bagian dari perubahan diri saya menjadi yang lebih baik. Terima kasih