UKT, matakuliah apa itu?

Diposting oleh Nafi Abdul Hakim on 16 Juli 2013

Semangat pagi kawan, kali ini saya ingin mencoba mengulas sedikit tentang UKT yang akhir –akhir ini jadi trending topic dikalangan mahasiswa baru plus orang tua mahasiswa baru tahun ajaran ini. Oloooo trending topic, sekeren apa emang UKT itu? Sampai-sampai sebelum ditetapkannya UKT pada tahun ajaran ini, banyak sekali ‘aksi’ mahasiswa terkait kebijakan baru mengenai biaya pendidikan ketika menjalani kehidupan kampus yang bisa dikatakan semakin menggila bagi sebagian orang.
Pengen kuliah tapi takut mahal ??
Wooooo dari tadi ngomongin UKT, emang apa sii UKT itu? UKT adalah Uang Kuliah Tunggal, yang berarti semua biaya pendidikan selama masa perkuliahan dijadikan satu-kesatuan yang besar-kecilnya biaya dipertimbangkan dari KEMAMPUAN FINANSIAL mahasiswa baru dan kebijakan masing-masing kampus. Maksudnya, sudah tidak diberlakukannya sistem uang kuliah yang macam-macam (seperti Uang Gedung, Uang Pendidikan, uang SPP, dan lain lain) dan akhirnya dijadikan satu biaya. Jadi kalau saya boleh mengumpamakan diri sebagai MAHASISWA BARU, saya cuman perlu membayar ‘satu macam’ biaya kuliah yang dibayar seperti metode pembayaran SPP tiap semesternya, dengan biaya yang telah disesuaikan. 

Jadi, mahasiswa baru yang berkemampuan finansial besar bakal bayar uang kuliah yang besar pula, dan sebaliknya, yang berkemampuan finansial kurang, bakal membayar uang kuliah yang minim. Bisa dikatakan kalau ini semacam subsidi silang, dimana cara untuk menyokong kemampuan finansial mahasiswa yang kekurangan didapat dari ‘uang lebih’ yang dibayar oleh mahasiswa dengan kemampuan finansial yang besar. 

Lantas, bagaimana tanggapan orang-orang terkait UKT ini? Sempat saya menanyakan kepada beberapa rekan mahasiswa di jurusan saya mengenai UKT, jikalau kami-kami ini yang mengalaminya. Reaksi dan tanggapan yang saya dapat cukup mengejutkan, salah satunya. 

Tanggapan pertama :   
Wooooo kasian juga orang berkemampuan finansial besar, bakal ‘tekor’ cuman buat kuliah. Lebih kasian lagi sama mahasiswa yang penghasilan keluarganya serba cukup (dibilang kaya ya enggak, dibilang kekurangan ya enggak).
Tanggapan kedua :
Syukurnya sekarang terbuka lebar jalan untuk anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah namun ketakutan masalah biaya kuliah yang katanya besar.
Bagaimana dengan Anda? CMIIW :3

{ 14 comments... read them below or add one }

NDSD mengatakan...

PERTAMAX gan, saya sih termasuk yang kontra ya, kasian juga yang serba berkecukupan, kasarannya semacam aji mumpung untuk melegalkan pengerukan harta hanya untuk biaya kuliah. di satu sisi cukup menguntungkan untuk yang kurang mampu namun apabila dipukul rata dengan kemampuan finansial serasa tidak adil untuk yang berkecukupan. sebaiknya ditinjau dan dikaji ulang. bagaimana agar menguntungkan keduanya. tak bisa dipungkiri beberapa oknum bisa saja pura2 tidak mampu dalam mengisi data2 yang ada agar bisa mendapatkan biaya yang murah untuk kuliah, mengingat kebutuhan dalam rumah tangga kan kompleks, tidak hanya untuk kuliah saja. CMIWW juga hehe

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

kok jadi begini cara pembayaran uang kuliah, ,berarti ada diskriminasi dong..., padahal kuliah itu adalah hak bagi setiap orang, baik kaya maupun miskin ,,,salam :-)

Nafi Abdul Hakim mengatakan...

@mbak NDSD : itu udah banyak terbukti mbak kecurangann masalah gaji orang tua yang dipalsukan, emang nyatanya gak adil, tapi mungkin ada sisi yang dari pemikiran pemerintah yang belum kita ketahui, nanti akan saya ulas di post berikutnya :D

@Pak Hariyanto : susah kalo udah ngomong masalah hak, tapi mau bagaimana lagi, ujung2nya kita harus 'nurut' kalau emang pengen kuliah di tempat yang dituju

Rohis Facebook mengatakan...

sy malah baru mas klo ada UKT.., namax jg system buatan manusia psti ada lbh dan kurangx..,

btw lama banget sy gk kemari.., makasih masih ingat sama Rohis FB *smile

Cilembu thea mengatakan...

buat yang kaya itung2 amal lah...kasih peluang lebih banyak pada orang yang kurang mampu...kerenkan!!

Mekanik Komputer mengatakan...

ane baru tau ada mata kuliah UKT

Toko Osing mengatakan...

dulu waktu ane kuliah kagak ada UKT :D

Gosip Game mengatakan...

ow ternyata itu matkul UKT

Brebes VS Lamongan mengatakan...

trmksih sobat infonya

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

2009 ga kena UKT, u yeah :D

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

ini apartheid dalam bentuk lain :-)

ismail marzuki mengatakan...

ditunggu lanjutannya yg lebih detail nih<knapa kok banyak yg kontra padahal ksepintas kayaknya bagus programnya.ada alasannya kok

obat herbal penyakit mengatakan...

ada hikmah nya soalnya kan ada kesempatan buat yang gak mampu

toko penjual ace maxs mengatakan...

yang ada UKT di univ mana aja

Posting Komentar

Kesan, Saran, dan Kritik Anda adalah bagian dari perubahan diri saya menjadi yang lebih baik. Terima kasih

Cara memberi komentar :
1. Pilih pada bagian "Beri Komentar Sebagai"
2. Pilih Anonymous -- untuk Anonim
3. Pilih "Name/URL" -- untuk memberi nama dan alamat web Anda

Terima Kasih @ininafi

Pengikut